Wednesday, July 2, 2008

PeRsiapan PeRlengkapan baYi

Hmmm...rasanya udah ga sabar lagi menanti kedatangan si jagoan kecil. Rasanya ingin sekali kita melengkapi semua kebutuhannya. Dari mulai ujung rambut sampai ujung kaki.
Makanya lebih baik buat daftar kebutuhan perlengakpan bayi, jangan sampe kita belanja abis2an mborong smua yg ada di toko bayi hhihii...

Sekarang ini berbagai perlengkapan bayi semakin beragam dan juga makin lucu-lucu modelnya. Alhasil, kalau tidak hati-hati, bisa lupa diri dan memborong banyak barang yang mungkin sebenarnya tak begitu penting or belum begitu dibutuhkan oleh bayi yg baru lahir.

Contoh Daftar perlengkapan bayi :
  • Perlengkapan Pakaian bayi

Popok -> Minimal 2 lusin (24 buah) popok kain. Pilih yang tidak terlalu tipis tapi mudah menyerap air (misalnya, kain tetra)


Gurita Rekat or Gurita biasa -> cukup sediakan 1 lusin



Baju bayi pendek, baju bayi panjang & baju bayi kutung (tanpa lengan) -> Pilih bahan yang mudah menyerap keringat, bisa katun atau bahan kaus yang halus dan tidak tebal. Bila Anda tinggal di daerah yang cuacanya dingin, mungkin bayi Anda membutuhkan lebih banyak baju bayi panjang.



Celana Bayi Pop, Celana Bayi Pendek, Celana Bayi Panjang & Celana Bayi Tutup Kaki -> Ada baiknya menyediakan celana pendek (setidaknya 1 lusin) dan celana panjang (lebih sedikit dari celana pendek), karena sekarang ini orantua cenderung memakaikan popok untuk bayinya hanya 1-2 bulan saja.
Meskipun mulai memakaikan celana pada bayi, sebaiknya jangan buru-buru menyingkirkan popok-popok kainnya. Sampai bayi bisa tengkurap (3-4 bulan), memakaikan popok kain terbukti lebih praktis dan memudahkan kerja bila si kecil buang air besar, apalagi di malam hari.



Bedong -> Meski tidak berencana untuk membedong bayi, sebaiknya tetap sediakan barang ini. Karna dapat menggunakannya sebagai selimut harian atau alas perlak. Bila bayi Anda menggunakan popok kain, sediakan minimal 2 lusin (24 buah).



6 - 12 pasang Sarung tangan kaki & 2 buah Topi Bayi -> untuk memakaikan sarung tangan kepada si kecil, kita harus mengganti sedikitnya 2 kali sehari. Tak perlu menyediakan terlalu banyak, karena memakaikan sarung tangan lebih dari 1 bulan juga tidak dianjurkan. Setiap mengganti sarung tangan, pastikan membersihkan telapak tangan bayi. Buka kepalan tangannya, lap dengan waslap basah. Sela-sela jari-jarinya juga harus dibersihkan. Setelah kering benar, baru pakaikan sarung tangan yang baru.

  • Perlengkapan Tidur


Bantal Peang (ada lekukan di bagian kepala), Selimut Bayi & Perlak Karet
kojong/tudung **optional, kl rumah byk nyamuk sebaiknya pake.
box/crib/tempat tidur bayi *bisa dipinjam hehe
Sebenarnya bayi belum memerlukan bantal dan guling. Namun bila ingin menyediakannya, pilih sarung bantal dan guling yang sesuai dengan seprai.

  • Perlengkapan Mandi

Handuk besar (untuk alas mandi atau menutup tubuh bayi setelah dimandikan).
Handuk kecil (untuk mengeringkan tubuh bayi setelah mandi).



Waslap -> Minimal 2 buah waslap. Tapi sebaiknya sediakan 4 waslap (2 waslap khusus untuk mandi, dan 2 waslap lagi khusus untuk membersihkan bagian bawah tubuh bayi jika ia buang air besar).



Bak Mandi (+ Kaki *optional) -> Pilih yang ukurannya cukup besar sehingga bisa digunakan sampai anak berumur 2 tahun * Ngirit he
Alat khusus untuk menyangga tubuh bayi * optional -> Alat ini diletakkan di dalam bak, dan Anda dapat meletakkan bayi diatasnya. Perlengkapan ini akan sangat menolong bagi yang sedang belajar memandikan bayi.
Tapi ada juga bak mandi yg sudah terdapat penyangga bayinya.

*Note tambahan :
Bagi pengguna setia popok kain, sediakan juga 2 buah ember yang dilengkapi dengan tutup (1 besar, 1 kecil). Kedua ember diisi dengan air, ke dalam ember kecil dapat juga ditambahkan sedikit sabun cuci. Kedua ember ini gunanya untuk tempat baju, popok, dan alas perlak yang kotor. Ember besar untuk baju, popok, dan alas perlak yang kotor terkena keringat dan ompol; sedangkan ember kecil untuk merendam baju, popok dan alas perlak yang kotor terkena feces bayi (dengan catatan; kotoran/feces bayi harus dibuang terlebih dahulu).

  • Kebutuhan Toiletries dan Kosmetik Bayi
Sabun khusus bayi + tempat sabun
Sampo khusus bayi
Bedak bayi + Tempat Bedak -> Tapi jangan membedaki muka bayi karena (serbuk bedak) dapat terhirup olehnya. Toh, tanpa dibedaki pun kulit muka si kecil akan tetap halus dan wangi.
Minyak telon dan/atau minyak kayu putih
Baby Oil
Cotton buds (ukuran kecil) -> untuk membersihkan telinga dan hidung bayi
Kapas -> (yang berbentuk bulat lebih mudah digunakan), untuk membersihkan bagian luar mata dan alat kelamin bayi.
Baby lotion/cream -> untuk menghindari ruam kulit
Sisir
Gunting kuku -> Sering-seringlah memeriksa kuku bayi, karena cepat sekali tumbuhnya. Biasanya kuku bayi perlu digunting setiap 2 hari sekali.
Minyak wangi/baby cologne *optional -> sebenarnya tidak terlalu penting, karena bayi memang sudah wangi. Tapi jika ingin, bisa juga memasukkannya ke dalam daftar belanja.

  • Perlengkapan Mom's

BH menyusui -> memudahkan bunda saat menyusui sang buah hati.



Korset or Stagen -> untuk membantu mengembalikan/mengencangkan kembali perut/pinggang/pinggul yang berubah setelah melahirkan.


Breast Pad -> Berfungsi untuk menyerap air asi
wajib untuk ibu menyusui, terutama yang bekerja.


Breast breast pump (pemompa asi) **optional -> wajib untuk ibu menyusui, terutama yang bekerja.


Pembalut Khusus Bersalin


Krim Perut & Krim Payudara -> Biasanya dipakai mulai dari kehamilan usia muda
Bisa mencengah timbulnya strech mark pada bagian (bawah) perut ibu. untuk mencegah/mengobati luka pada (puting)payudara ibu ibu menyusui.


Nah, happy shopping mom!!


Sumber : http://ibudananak.com/
http://perlengkapanbayi.net/

2 comments:

Anonymous said...

thx mbak, jd inget lagi persiapan yg dibeli pas ditanya adikku yang mo lahiran hehehe

Anonymous said...

thanks ya.. sangat berguna untuk new mom